Belajar di Sunday Sharing #21

Sunday sharing 21

Saya memulai hari minggu kemarin seperti biasa. Berwudhu lantas berdoa menghadap Sang Pencipta, yang spesial adalah apa yang akan saya lakukan hari ini, saya akan mengikuti acara Sunday Sharing #21 yang diselenggarakan oleh blog detik. Ini adalah kali pertama saya mengikuti acara Sunday Sharing di kantor detik.com, ternyata banyak manfaat dari sunday sharing #21 dengan tema “Menulis Reportase Ala Blogger”.

Sunday sharing 21

 

Saya yang sehari-hari memegang komputer, baik dalam pekerjaan maupun saat berada di kosan mulai tertarik dalam dunia bloggin sudah dari lama. Tapi, baru belakangan ini saya mulai aktif dalam komunitas-komunitas blog dan mulai menulis di blog. Acara seperti Sunday Sharing ini sangat bermanfaat untuk blogger ‘mualaf’ seperti saya ini.

Yang menarik adalah saya bertemu langsung dengan orang yang lumayan cukup lama saya kenal dalam chatting disalah satu grup whatsapp, yaitu Blogger FLP. Dia adalah Dr. Rulli Nasrullah, M.Si. atau yang lebih akrab dikenal dengan Kang Arul. Ini adalah kali pertama saya melihat langsung dengannya. Sebelum Kang Arul memulai memberi materi acara terlebih dahulu dibuka oleh ketua kelas dan wakilnya, yaitu Dede Ariyanto dan Bowo Susilo.

Acara ini berlangsung menyenangkan, tidak ada ketegangan, acara berjalan dengan santai tapi materi tetap berjalan dan mudah dimengerti. Salah satu materi dalam acara kali ini adalah “8 Kata”. Ya, 8 kata dalam menulis reportase ala blogger. Jadi, ketika ingin menulis di dalam sebuah blog, tentukan temanya dan carilah 8 kata yang berkaitan dengan tema tersebut. Lalu, kembangkan 8 kata tersebut menjadi 8 paragraf. Manurut Kang Arul 8 paragraf dalam sebuah tulisan di blogger itu tidaklah terlalu banyak dan juga tidak terelalu sedikit.

Kenapa sih 8 kata doang? Dari penjelasan yang Kang Arul sampaikan, blog yang berisikan tulisan yang terlalu panjang akan membuat pembaca malas untuk membacanya secara keseluruhan. Dikecualikan untuk tulisan yang diikut sertakan dalam lomba. Hmm, saya waktu itu sempat berpikir, bagaimana dengan blog saya yang berisikan tentang petualangan. Ada poin lain selain itu, yaitu dalam menulis blog kita itu seharusnya “bercerita” bukan “menunjuk”. Ya, jadi gak terlalu masalah kali ya, kalau saya menulis sedikit panjang, karena kan saya bercerita, kadang juga sih ngasih tips yang gak bisa setengah-setengah. 🙂

Dalam sharing tersebut kami sebagai peserta yang berjumlah tidak sampai 30 orang diberikan materi dan langsung latihan. latihan-latihan dan latihan. Salah satunya dalam sebuah sesi kami diberi pertanyaan untuk menuliskan 1 warna kesukaan dan langsung jabarkan dalam sebuah paragraf, waktu yang diberikan cuma 1 menit. Karena catatannya masih ada, waktu itu saya menulis seperti ini

“Hijau, hijau itu menenangkan, membuat keindahan, banyak orang rela pergi jauh hanya ingin melihat tumbuhan-tumbuhan dan keindahan alam yang meyoritas berwarna hijau.”

Karena dalam acara tersebut latihan lebih ditekankan saya merasa “ngos-ngos”-an pada jari. Maklum, gak biasa menulis dengan pena secara cepat. Tapi, mungkin metode ini lebih efektif ketimbang hanya mendengarkan materi demi materi yang disampaikan. Jenuh juga kalau cuma dengar orang bicara. Selain itu, apa yang kami tuliskan juga ternyata ada manfaat tersembunyi yang sudah dirancang oleh Kang Arul.

Acara Sunday Sharing #21 kali ini memberi kesan tersendiri buat saya, karena ini yang pertama. Sebenarnya masih banyak manfaat dari Sunday Sharing #21. Tapi, saya coba untuk mempraktikkan apa yang sudah saya dapat kemarin. Intinya dalam Sunday Sharing #21 kemarin adalah ; 8 Kata, bercerita bukan menunjuk, dan blog bukanlah wikipedia. Sadar atau tidak, tulisan ini juga hanya terdiri dari 8 paragraf dari pengembangan 8 kata yang saya tulis dalam acara Sunday Sharing #21 kemarin. Mencoba parktik, hehe 🙂 – Arstory.net

Terima kasih sudah membaca artikel "Belajar di Sunday Sharing #21". Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya :). Baca juga artikel terkait "Belajar di Sunday Sharing #21".

Maaf ya, Menghindari modus spam dan sejenisnya, komen saya moderasi. Terimakasih ^_^

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*