Bentuk Cinta Sang Inspirator Bangsa

Pembukaan pameran foto BJ Habibie

Pameran foto habibeTidak terasa besok adalah hari terakhir dari pameran foto dan gebyar aneka lomba yang diselenggarakan oleh berbagai komunitas yang tergabung dalam Friends Of Mandiri Museum. Pameran foto yang diselenggarakan adalah Pameran Foto BJ. Habibie yang bertemakan “Cinta Sang Inspirator Kepada Negeri” yang dibuka untuk umum mulai 24 Juli sampai 21 Agustus 2016 di Museum Mandiri, Kota Tua, Jakarta Barat.

Pada saat pembukaan acara, saya hadir sebagai undangan dari salah satu komunitas yang berada di bawah Friends Of Mandiri Museum, yaitu Forum Lingkar Pena (Baca : Mengabadikan Sang Inspirator Dalam Pembukaan Pameran Foto BJ. Habibie). Museum Mandiri bukan tidak ada tujuan menyelenggarakan pameran foto ini, pameran foto ini adalah salah satu bentuk hadiah kepada Bapak Habibie di ulang tahunnya yang ke-80.

Bedah Buku Habibie The Serries

Banyak rangkaian acara yang diselenggarakan selama satu bulan dibukanya pameran foto BJ. Habibie ini. Salah satunya adalah acara bedah buku “Habibie The Series” (baca : Buku “Habibie the Series” Cara Singkat Mengenal BJ. Habibie). Dalam acara ini saya pun kembali hadir karena rasa ingin tahu saya tentang sosok seorang Habibie. Di acara ini juga saya tahu kalau buku “Habibie the Series” adalah kado ulang tahun ke-80 Bapak Habibie dari orang-orang yang sangat mengagumi Bapak Habibie. Total ada 8 buku dalam “Habibie the Series” ini, tapi waktu penulisan dan penerbitannya cuma 2 bulan.

Bagi saya yang dulu BJ. Habibie tidaklah lebih dari sekedar mantan presiden RI ke-3 yang menjabat hanya beberapa belas bulan. Ya, saat Bapak Habibie menjabat menjadi presiden, kalau dihitung-hitung saya baru berusia 3 tahun. Jangankan mengenal sepak terjang dari kebijakan-kebijakan beliau, mengingat saya masih mengompol atau tidak saja saya tidak tahu.

DSC_0639
Salah satu foto yg dipajang.

Ketertarikan saya untuk mengenal sosok BJ. Habibie muncul ketika saya mendapat mata kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan. Di salah satu kesempatan menyinggung soal Timor Timur (sekarang Timur Leste), mantan wilayah RI (ciee mantan) yang sekarang merdeka sendiri. Saya yakin, hampir semua orang pasti tahu keterkaitan sejarah Timur Leste dengan Bapak Habibie.

Beliau adalah sosok nasionalisme sejati yang sampai saat ini masih memberikan karya-karya nyata kepada negeri. Saya seperti menemukan sosok inspirator kembali, setidaknya mimpi-mimpi besar yang pernah saya tuliskan yang sudah terkubur oleh realitas berani saya ambil kembali. Bj. Habibie, nama yang tidak hanya dikenal dan dikagumi di Negeri ini. Bahkan dari yang saya baca, beliau juga memiliki peran penting dalam teknologi pesawat terbang. Beliau juga seorang perantau, cuma berbeda kelas dari saya, beliau lebih elit. Bapak Habibie merantau ke negeri orang, Jerman. Mendapatkan kehidupan layak dan mapan, sudah nyaman dan menjadi salah satu orang terpandang di Jerman.

Tapi, cinta sang inspirator kepada negeri ini tidaklah luntur. Kesetiaan beliau kepada Indonesia selalu terlihat dari yang beliau lakukan. Salah satunya ketika beliau kembali ke Indonesia. Memanfaatkan semua ilmu pengetahuan yang sudah beliau miliki untuk membangun Indonesia. Pada tahun 1978 – 1997 menjabat sebagai Mentri Negara Riset dan Teknologi (Menristek).

Dua film (Habibie & Ainun, Rudi Habibie) yang mengangkat kisah dari BJ. Habibie telah tayang dan mendapat banyak respon positif dari berbagai kalangan. Di dalam film tersebut mengangkat kisah kehidupan seorang BJ. Habibie. Kita bisa melihat bentuk cinta kasih beliau terhadap keluarga dan juga terhadap bangsa Indonesia.

DSC_0560

80 tahun BJ. Habibie sudah berkarya, menginspirasi bangsa. Ada puisi berjudul “SUMPAHKU!” yang dibuat oleh Bapak Habibie yang menunjukkan bagaimana cintanya beliau dengan Indonesia. Berikut :

Terlentang! Jatuh! Perih! Kesal!
Ibu Pertiwi
Engkau pegangan
Dalam perjalanan
Janji Pusaka dan Sakti
Tanah Tumpah darahku makmur dan suci
…..
Hancur badan!
Tetap berjalan!
Jiwa besar dan suci
Membawa aku PADAMU!

@arstory

Terima kasih sudah membaca artikel "Bentuk Cinta Sang Inspirator Bangsa". Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya :). Baca juga artikel terkait "Bentuk Cinta Sang Inspirator Bangsa".

Maaf ya, Menghindari modus spam dan sejenisnya, komen saya moderasi. Terimakasih ^_^

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*