Karawang Juga Punya Candi, Namanya Candi Jiwa

Candi Jiwa Karawang

Candi Jiwa di KarawangCandi di Karawang? Serius, Karawang itu punya candi, namanya Candi Jiwa. Ya, enggak sepopuler Candi Borobudur, Prambanan dan Candi-candi mainstream lainnya. Tapi, kalau lu lu pada mau main ke Karawang, gue boleh ngasih saran mampir deh ke Candi Jiwa ini, apalagi waktu senja. Sensasinya bakal beda banget ditambah letak candi ada di tengah-tengah persawahan.

Ada yang bilang Karawang Kota Pangkal Perjuangan, Karawang Kota Lumbung Padi, Karawang Kota Industri dan satu lagi, Karawang Kota Goyang (tariik maang!). Eh, bener loh, kita lupakan masalah tradisi Jaipong yang bisa membuat julukan Karawang Kota Goyang. Kalau kalian masuk ke Karawang lewat pintu tol Karawang Barat melewati jalan Karawang Interchange, arah ke Karawang Kota. Pasti kalian akan merasakan sensasi bergoyang-goyang di dalam kendaraan karena jalannya memang bergelombang sana-sini. (Enggak ada hubungannya sama candi).

Candi Jiwa di Karawang
Di area masuk ke candi Jiwa

Baca tempat wisata lainnya di Karawang: Curug Lalay

Pertama gue denger Karawang punya candi, eeh emang iya? Setau gue Karawang itu cuma pabrik-pabrik, sawah-sawah dan… Pengamen.

Dikisahkan… Mulai mau cerita nih.
Gue yang tergabung dalam Komunitas Backpacker Karawang, waktu itu lagi ada rapat untuk persiapan anniversary Backpacker Karawang (BPK) yang ke-1. Rapatnya sih sudah di woro-woro mulai jam 1 siang, tapi… Gue bangun tidur jam 3 siang. Ini bener loh, gue kaya orang pingsan.

Karena gue masuk ke kepanitiaan, mau gak mau walau terlambat gue dateng juga ke lokasi rapat. Dan, ternyata apa yang dirapatin gue juga gak tau. Karena bangun tidur yang enggak kesiangan tapi kesorean, gue pun diajak ikut untuk mengunjungi Candi Jiwa.

Lokasi Candi Jiwa ini lumayan jauh dari pusat Kabupaten Karawang. Sekitar 1,5 jam-an lah naik motor. Tepatnya lokasinya di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Candi Jiwa Karawang

Tapi jangan khawatir om-tante, selama perjalanan ke sana kita enggak bakal bosen. Karena selama perjalanan kita bakal disuguhkan banyak hamparan sawah yang membentang luas. Hijau, kalau musim panen pasti kuning keemasan, lebih mantab lagi pastinya pemandangannya.

Enggak hanya itu, kita juga bakal melewati Rengasdengklok. Ada yang enggak tahu Rengasdengklok? Kalau enggak tahu kalian harus pindah dari Indonesia. PINDAH! Haha, bercanda.

Jadi, kenapa gue saranin ke situs percandian ini pas waktu senja? Ada beberapa alasan, 1; Enggak panas, 2; Enggak dipungut biaya masuk (inisih modus), 3; Dapet view yang luar biasa indah, 4; sepi. Sebenernya enggak tau sih, kalau siang itu ramai atau sepi juga.

Sebenernya, di sana enggak cuma ada Candi Jiwa. Terus lokasinya juga disebut situs percandian karena ada beberapa candi yang terletak di beberapa titik. Kalau dilokasi yang gue kunjungi waktu itu, di sana ada 2 Candi. Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Entah karena kesorean atau memang belum dibuka untuk umum, Candi Blandongan masih tertutup pagar seng dan enggak bisa dimasuki. Yaa, jadilah cukip (pakai i ya enggak pakai u) mengunjungi Candi Jiwa saja.

Candi Jiwa di Karawang
Lokasi Candi Jiwa di tengah persawahan

Sedikit review, candi di Karawang ini enggak semegah dan terlihat kokoh seperti candi-candi yang ada di daerah Jawa. Kalau dilihat, Candi Jiwa ini cuma seperti tumpukan-tumpukan bata yang tersusun rapih di tengah persawahan seperti pelataran. Ah, gue mah enggak ngerti soal arkeologi, apalagi astronomi dan biologi (enggak nyambung yah).

Kompleks percandian ini menurut gue udah bagus. Rapih dan enggak banyak sampah. Mungkin karena memang lokasinya di tengah persawahan warga, jadi warga di sana sama-sama menjaga. Lagian siapa pula bah yang mau sawahnya disampahi orang. Cuma memang sepertinya harus lebih diperhatikan oleh pemerintah setempat agar bisa dikembangkan lagi sebagai salah satu objek wisata yang bisa di banggakan di Kabupaten Karawang. Seperti tempat parkir, akses masuk yang masih susah karena jalannya yang sempit dan beberapa fasilitas lainnya.

Candi Jiwa di Karawang

Oiya, satu hal. Kalau ke sana sore-sore, pulangnya jangan kemaleman. Nanti kena tegur yang jaga parkir. “Neng, udah malem, ini mau tutup nungguin kalian enggak balik-balik, nanti kalau ditinggal enggak ada yang jagain motornya” tegur si bapak yang menjaga warung, yang memang cuma dia yang berjualan di sana sekaligus menyediakan lahan parkir yang kecil. Duh. Jadi enggak enak kan. Karena ditegur gitu ya mau enggak mau kami harus angkat kaki.

Nah, jadi gimana? Sekarang udah percaya dong kalau di Karawang itu ada Candi. Enggak cuma 1, tapi beberapa. Di artikel ini gue baru sempat mengunjungi 1 candi, yaitu Candi Jiwa. Sekarang ini, sektor pariwisata di Karawang masuk ke salah satu rencana pembangunan utama Kabupaten Karawang. Semoga, banyak objek wisata di Karawang dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah maupun swasta agar bisa menjadi alternatif lokasi wisata di Jawa Barat selain Bandung dan Bogor. @arstory

Terima kasih sudah membaca artikel "Karawang Juga Punya Candi, Namanya Candi Jiwa". Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya :). Baca juga artikel terkait "Karawang Juga Punya Candi, Namanya Candi Jiwa".

Maaf ya, Menghindari modus spam dan sejenisnya, komen saya moderasi. Terimakasih ^_^

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*