Ini Cara ku Memilih Sepatu Gunung

cara memilih sepatu gunung

Dengan semakin meningkatnya kegiatan pendakian gunung. Tentu banyak kita jumpai toko-toko outdoor yang menyediakan berbagai macam alat pendakian gunung. Dari sepatu, jaket, tas carrier, tenda dan sebagainya. Sebelumnya saya sudah sharing bagaimana cara memilih jaket gunung. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara memilih sepatu gunung.

Kita harus tahu, persiapan pendakian gunung yang harus di persiapkan selain fisik dan mental adalah alat-alat yang menunjang keselamatan dan kenyamanan kita selama melakukan pendakian gunung. Salah satunya, sepatu.

cara memilih sepatu gunung

 

Sepatu gunung tentunya memiliki perbedaan tersendiri dari segi bahan, model, dan sol sepatunya. Sepatu gunung yang baik harus memiliki bahan yang tebal dan tidak mudah sobek, sol sepatu yang kuat dan juga jenis sepatu (low cut, mid cut, high cut). Karena fungsi utama sepatu gunung adalah melindungi kaki agar tidak cedera saat proses pendakian gunung. Faktor kenyamanan juga harus diperhatikan dalam hal ini. Barikut adalah beberapa hal yang menurut saya harus diperhatikan dalam memilih sepatu gunung :

Cara Memilih Sepatu Gunung

Ukuran

Belajar dari pengalaman saat mendaki Gunung Gede. Waktu itu saya belum memiliki sepatu gunung dan saya melihat teman saya yang sudah memakai sepatu gunung, saat perjalanan turun wajahnya terlihat sedikit meringis kesakitan. “Kenapa?” saya bertanya, “Ini jempol kaki gue, sakit. Gue beli sepatu terelalu ngepas”. Nah, jadi kalau kalian ingin membeli sepatu gunung. Saat memilih sepatu gunung, pilihlah ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran sepatu yang biasa kalian pakai.

Kenapa? Karena kaki kita melalui trek-trek terjal dan tentunya akan menemui medan bebatuan yang keras. Jika sepatu kalian terlalu pas, jempol kaki kalian akan terkena langsung dampak dari trek pendakian. Jadi pilihlah ukuran lebih besar 1 angka dari yang biasa kalian pilih agar dapat mengurangi dampak sentuhan langsung oleh sepatu. Contoh, kalian biasa memakai ukuran 41, pilihlah sepatu gunung ukuran 42.

Kenyamanan

Saya sarankan untuk jangan membeli sepatu gunung melalui online-shop. Karena, kalian tidak bisa mencoba langsung sepatu tersebut. Berbeda kalau kalian beli di toko outdoor, kalian tentu bisa menentukan sepatu mana yang lebih nyaman untuk kalian pakai. Untuk hal yang satu ini, jangan perhatikan brand atau merk, kenyamanan adalah kunci utama. Karena sepatu gunung adalah alat yang akan kalian gunakan selalu selama pendakian gunung

Faktor lain dari kenyamana sepatu adalah berat sepatu. Carilah sepatu yang memiliki bobot yang ringan. Jangan sekali-sekali mencoba menentukan pilihan untuk memakai sepatu safety yang bagian ujungnya berlapis baja untuk mendaki gunung. Sudah berat, terus gak sesuai dengan kegunaannya. 🙂

Jenis Sepatu

Ada beberapa jenis sepatu gunung yang dapat menjadi pilihan ketika ingin membeli sepatu gunung. Berleher pendek (low cut), berleher sedang (mid cut), dan berleher tinggi (high cut). Low cut, jenis ini tidak melindungi mata kaki dan kemungkinan lecet pada area tersebut besar. Mid cut, jenis ini melindungi mata kaki tapi tidak menyeluruh, jika trek pendakian yang terjal kemungkinan lecet pada kaki bisa terjadi. High cut, jenis ini melindungi mata kaki secara menyeluruh.

Sangat direkomendasikan untuk memilih jenis sepatu high cut. Kenapa? Karena sepatu jenis ini menunjang untuk pergerakan yang kokoh. Engkel dan mata kaki memerlukan perlindungan yang lebih agar lebih dapat meminimalisir cidera.

Bahan Sepatu

Hal yang harus kita perhatikan juga adalah bahan dari sepatu tersebut. Selain membuat rasa nyaman, bahan sepatu gunung yang baik terbuat dari kulit sintetis. Selain kuat, kulit sintetis juga memiliki sirkulasi udara yang baik. Jadi, kaki kita gak lembab, kalau kaki kita lembab kaki akan mengeluarkan aroma “khas”-nya.

Selain itu, tambahan lapisan anti air (water-proof) juga bisa menjadi pertimbangan lebih ketika ingin membeli sepatu gunung. Karena saat mendaki, medan yang akan kita lalui terkadang melewati genangan air atau sungai dan juga cuaca bisa saja hujan. Lapisan ini dapat mengurangi air masuk ke dalam sepatu yang dapat membuat lembab dan dingin pada area kaki.

Sol Sepatu

Karena pertimbangan medan pendakian yang beragam. Sol sepatu gunung haruslah yang baik, lentur, kuat, tumit yang besar dan tinggi. Tumit yang tinggi dimaksudkan supaya grip atau daya cengkram ke tanah lebih kuat. Tumit ini membantu kita dalam melewati lereng-lereng gunung.

Pada awal pendakian, saya juga belum menggunakan sepatu gunug. Saya menggunakan sepatu yang biasa saya pakai untuk main, dengan jenis mid cut jadi saya pakai untuk mendaki. Alasannya sederhana, itu lebih melindungi kaki. Yah, walaupun pada akhirnya baru saya pakai 1 kali pendakian, sol nya mulai “mangap”, dan juga membuat kaki saya “kapalan”. Hahaha.

Setiap sepatu didesain khusus untuk kegunaannya masing-masing. “Dimana bumi dipijak, disitu langit kujunjung,” kata pepatah ini bisa kita gunakan juga untuk hal-hal seperti ini. Saya juga beberapa kali melihat orang-orang yang mendaki gunung menggunakan sepatu-sepatu model convers. Dan akhirnya, yang mereka rasakan itu gak jauh-jauh dari kata “kapalan”.

Cara memilih sepatu gunung yang tepat sangat membantu kita agar terhindar dari cidera-cidera kaki yang dapat kita alami. Untuk saya pribadi, saya membeli sepatu gunung jenis high cut, nyaman di kaki, sol yang kuat dan lentur serta water-proof. Semoga sharing saya tentang bagaimana cara memilih sepatu gunung ini dapat membantu teman-teman pendaki yang masih galau kalau mau beli sepatu gunung. Tetap jaga selalu safety dan lestarikan alam. 🙂 – Arstory.net

Terima kasih sudah membaca artikel "Ini Cara ku Memilih Sepatu Gunung". Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya :). Baca juga artikel terkait "Ini Cara ku Memilih Sepatu Gunung".

Maaf ya, Menghindari modus spam dan sejenisnya, komen saya moderasi. Terimakasih ^_^

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*