Seperti Ini Cara Memilih Tas Carrier

Cara memilih tas gunung

Pernah menonton vidio tentang ekspedisi pendakian gunung tertinggi di dunia? Kalau sore tadi sih, saya nonton vidio tentang ekspedisi puncak tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Cartenz. Bukan main, untuk pendakian gunung ini memerlukan waktu lebih dari sebulan lamanya. Disitu saya memperhatikan tas-tas carrier yang mereka pakai, ternyata mereka memilih tas carrier sesuai kebuuhan yang mereka perlukan.

Kita semua tau ya, kalau tas carrier dalam pendakian gunung itu sangat penting. Untuk perjalanan lama seperti ekspedisi Cartenz para pendakinya gak ada yang makai tas carrier yang besar-besar. Mungkin kalau saya perhatikan kapasitasnya itu gak sampai 50L. Sisa perlengkapan mereka di bawa oleh porter-porter. Kenapa? Semakin besar kapasitas tas carrier, semakin banyak juga muatan yang harus dibawa, pastinya akan semakin berat dan menguras tenaga. Kalau pendakian lebih dari sebulan, bisa teler dah bawa carrier besar-besar dan berat-berat hehe.

Cara memilih tas gunung

Ada banyak cara untuk kita memilih tas carrier yang disesuaikan dengan kebutuhan. Disini saya akan berbagi beberapa hal yang penting untuk diperhatikan kalau kita ingin memilih atau membeli carrier untuk menemani kegiatan pendakian gunung kita. Kebetulan beberapa waktu lalu saya juga membeli tas carrier dan merasa puas dengan pilihan yang saya tentukan.

CARA MEMILIH TAS CARRIER SESUAI KEBUTUHAN

Budget

Gak munafik ya, sebagai pendaki galau yang modalnya tipis. Saya selalu membeli alat-alat dengan harga dan kualitasnya “oke”. Kadang nunggu momentum diskonan, karena alat pendakian gunung itu gak ada yang murah. Kita harus pintar-pintar menentukan biaya yang kita miliki ini untuk beli apa dulu, tas, tenda, sepatu, baju/celana, atau perlengkapan pendakian gunung lainnya.

Ukuran

Untuk ukuran ini sangat penting ya, banyak pilihan ukuran untuk kita kalau mau beli tas carrier ini, dari 35L-100L. Memilih tas carrier ini harus disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya kalau kita biasa cuma mendaki gunung 3-4 hari sepertinya carrier 50-60L itu sudah cukup. Toh, barang-barang yang kita bawa untuk pendakian gunung kita bagi rata ke semua tim pendakian, ya gak? Siap-siap deh, kalau teman-teman punya carrier kapasitas 100L, pasti disuruh bawa muatan lebih banyak, emang mau? Beraat…! hehe

Bentuk Tas Carrier

Ada beberapa bentuk tas carrier yang biasa dijumpai. Ada yang bentuknya tinggi ke atas, ada yang melebar kesamping. Kalau bisa, cari yang berbentuk seperti tabung, tinggi ke atas karena ini akan membantu pundak untuk lebih ringan membawa barang-barang. Selain itu, kalau carrier yang melebar kesamping ini akan menambah titik berat pada tubuh. Kalau bentuk carrier ini sesuai keinginan saja. Kan ada iklan tagline-nya gini “Tumbuh itu ke atas, gak kesamping”. Gak nyambung ya? hehehe

Bahan

Nah, bahan yang harus diperhatikan yaitu bisa yang terletak pada 3 titik utama saat kita menggendong tas carrier. 3 bantalan utama ini yaitu, bantalan punggung, pundak dan pinggul yang disertai tali sabuk pinggangnya. Biasanya bahan ini terbuat dari spon yang mudah menyerap keringat dan padat serta di area yang berkontak langsung dengan tubuh lebih lebar. Ciri kalau spon itu bagus adalah empuk, tidak kempes saat ditekan dan lebar.


Faktor Kenyamanan

Kalau beli peralatan outdoor atau pendakian gunung, saran saya sih langsung dateng ke tokonya, jangan online-shop. Kenapa? Supaya gak kecewa, kalau ke toko kita bisa langsung mencoba barang yang ingin kita beli, tentu selain cari harga yang pas, model yang sesuai, kita juga nyari kenyamanan. Pilihlah tas carrier yang menurut kalian paling nyaman ketika dipakai.

Detail Tali

Pernah liat tali-tali di tas carrier? Saya dulu, pertama lihat bingung ini tali banyak amat, ya. Fungsinya buat apa aja, sih. Ternyata tali-tali yang ada di tas carrier itu sangat banyak dan beragam fungsinya, tidak baku kadang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Dari tali pinggang, tali bahu, tali pengatur atas, tali bahu dan sebagainya. Semua memiliki fungsinya masing-masing yang membantu kita dalam pendakian gunung


Fitur Tambahan

Ada beberapa pilihan tas carrier yang memiliki fitur tambahan seperti pengatur pada punggung. Jadi, kita bisa mengatur tinggi punggungan menyesuaikan dengan kebutuhan. Bisa kita buat lebih pendek atau lebih tinggi sesuai dengan yang kita mau. Kebetulan yang saya miliki memiliki fitur ini, biasanya saya setting agar lebih pendek supaya carrier yang saya gendong posisinya sedikit diatas pinggul saya.

Jadi, cara memilih tas carrier yang sesuai kebutuhan itu penting karena kalau teman-teman yang memang hobi dengan pendakin gunung, tas carrier pasti akan sering dipakai. Kalau gak nyaman, gak sesuai tentu rugi, selain materi badan juga dirugikan. Cukup mantan aja yang merugikan (duuh, makin galau) hehe. Semoga bermanfaat ya. Oiya, seperti biasa, tetap jaga selalu safety dan lestarikan alam! 🙂 – Arstory.net

Terima kasih sudah membaca artikel "Seperti Ini Cara Memilih Tas Carrier". Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya :). Baca juga artikel terkait "Seperti Ini Cara Memilih Tas Carrier".

Maaf ya, Menghindari modus spam dan sejenisnya, komen saya moderasi. Terimakasih ^_^

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*