How to Get the Money from Your Blog, Siapa Yang Enggak Mau?

Monetize blog

Monetize blog

How to Get the Money from Your Blog? Yak, ada ribuan blogger di Indonesia. Banyak yang pro dan lebih banyak yang masih pemula, contohnya saya ini lah. Pemula. Terlepas dari pro atau pun pemula, kalau ada peluang menghasilkan pundi-pundi uang melalui Blog pasti semua mau, ya kan? Terus, bagaimana caranya?

Sebenarnya “How to Get the Money from Your Blog” adalah judul dari acara yang diselenggarakan oleh Forum Lingkar Pena (FLP) Bekasi yang saya ikuti sekitar 2 minggu yang lalu. Judul yang menarik, bagi saya seorang blogger pemula, acara yang seperti ini yang harus diikuti. Siapa tahu nanti saya benar-benar bisa me-monetize blog saya ini. Aamiin.

Kang Arul
Ini dia, Kang Arul. Pict by : @FLP_BEKASI

Hadir sebagai pembicara adalah Kang Arul, seorang blogger pro yang sudah tidak diragukan lagi ke-‘canggihan’-nya dalam dunia blogging. Ini kali kedua saya mengikuti acara blogger yang pematerinya adalah Kang Arul. Sebelumnya saya pernah bertemu di acara Sunday Sharing #21 BlogDetik. Bapak yang satu ini memang selalu asik dalam penyampaian materi, enggak bikin ngantuk, sedikit konyol tapi materi tetap sampai dan mudah diterima.

Mari selfie
Sebelum ke materi, mari selfie ^_^

Sebelum masuk ke dalam materi acara, kami para peserta diberikan sebuah info menarik tentang suatu aplikasi, yaitu KUDO. Hem… Yang saya pikir pertama kali tentang aplikasi ini adalah salah satu seni bela diri, semacam Taekwondo, Judo atau Aikido. Ternyata salah bung, KUDO merupakan akronim dari Kios Untuk Dagang Online.

KUDO
Tentang KUDO. Pict By : @FLP_Bekasi

KUDO ini mengajak setiap orang untuk bisa berdagang online. Kata Istifany Erlindasari pemateri dari KUDO, di KUDO apa aja ada, namanya juga Kios. Mau pulsa? Token listrik? Tagihan internet? Baju? Sepatu? Ada, semua ada. Modalnya bagaimana? Bisa mulai dari 10 ribu, kita sudah bisa dagang. Cek aja langsung KESINI.

Hemm… Karena penjelasan dari Istifany Erlindasari tersebut yang membuat saya penasaran. Akhirnya, saya instal juga aplikasi KUDO. Katanya lagi, kalau registrasi jadi Agen KUDO, kita langsung dapat voucher free 50 ribu. Oke, saya registrasi juga. Dan, ternyata benar, dapat SMS kode voucher. Enggak pakai lama, karena waktu itu pulsa juga sudah tidak ada, voucher 50 ribu langsung saya pakai. Lumayan, isi pulsa 50 ribu gratis. Kalau dihitung-hitung, 50 ribu bisa buat makan saya 4 hari itu. Eh, maklum mantan anak kos yang nantinya akan nge-kos lagi. Kok jadi curhat?

Masuk ke materi.

Sebenarnya enggak banyak materi yang disampaikan oleh Kang Arul, dia lebih suka berdiskusi dan praktik. Menjelaskan sedikit tentang Buzzer, tipe Blogger dan posisi Blogger sebagai salah satu media bagi suatu produk/jasa/perusahaan untuk lebih mengembangkan pasar, membangun citra dari suatu brand.

Saya sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan jurusan Public Relations pernah berdiskusi bersama dosen, bahwa bagaimana posisi blogger bagi suatu perusahaan. Ternyata, belakangan ini blogger lebih dilirik oleh perusahaan-perusahaan untuk mengembangkan pasar, membangun citra dari suatu brand. Selain lebih low cost, para blogger dianggap lebih bisa mewakili para konsumen dengan menulis konten berdasarkan pengalaman mereka. Ini dianggap lebih bisa menarik minat masyarakat dalam membangun suatu kepercayaan dari suatu brand.

Nah, itu tadi basa-basinya. Terus apa hubungannya dengan mendapatkan uang dari blog? Kalau perusahaan butuh blogger untuk media periklanan atau pembangunan citra bagi suatu brand. Blogger juga membutuhkan perusahaan untuk bisa mendapatkan uang dari tulisan yang mereka rilis. Ada suatu hubungan yang saling membutuhkan, kalau istilah pasar ‘elo jual, gue beli’. Tidak ada makan siang gratis! Kalau suatu perusahaan meminta kita untuk me-review produk mereka tentu akan ada kompensasi dari jasa kita tersebut, ya kan?

Itu tadi peluang yang saya tangkap dari penjelasan Kang Arul. Nah, Kang Arul juga blak-blakan tentang penghasilan yang pernah dia dapat dari tulisan di blog. Hup, untung ini dunia nyata ya, kalau di dalam kartun rahang bawah saya bisa sampai ke lantai. Nominal yang disebut itu bisa buat orang tidak percaya, tapi itu nyata.

Menurut Kang Arul ada 6 poin penting yang bisa kita lakukan :
– Menulis dengan baik
– Ikuti komunitas blogger
– Aktif mengikuti kegiatan yang melibatkan blogger
– Mempromosikan blog secara independen kepada klien
– Blog Online, tapi perilaku (konten) yang baik harus Online dan Offline
– Percaya jika rezeki itu Allah yang kuasa
Mau tau penjelasannya? Silahkan hubungi Kang Arul, hehe.

Praktik. Saya beri kata : Jengkol, lontong, pagi, sepeda, Bekasi, Facebook dan emas. Kita rangkai kata-kata tersebut menjadi 1 paragraf selama kurang dari 2 menit dan setiap kata harus berkaitan. Itulah sedikit bayangan salah satu latihan langsung yang diberikan oleh Kang Arul. Sebagai blogger, kita harus bisa, karena tulisan harus UNIK!

Generasi 4G
#Generasi4G

Menjadi seorang blogger juga harus memiliki jaringan yang kuat loh. Seperti kemarin, saat acara ini ada lomba live twit tentang jaringan 4G. Berhubung koneksi saya waktu itu aduhai banget, cuma ketemu lingkaran yang berputar-putar. Jangankan 1 twit, twitter aja enggak terbuka.

Di sana saya sadar, sebagai seorang blogger kita juga harus memiliki jaringan yang stabil dan memiliki jangkauan yang luas. Apalagi, saya suka travelling. Terkadang mau dong upload foto langsung dari lokasinya.

‘Kalau ingin memancing ikan besar tidak mungkin umpannya hanya ikan teri’. Kalau ingin mendapatkan uang dari blog tentu harus ada perjuangan, salah satu contohnya adalah memiliki jaringan yang selalu terkoneksi dengan stabil. Dan sekarang, saya sudah memiliki jaringan 4G, cukup asik. Youtube lancar, website kebut, bahkan bisa nge-draft tulisan melalui handphone, enggak pakai takut putus koneksi lagi.

Nah, dalam seminar ini kami diberikan sebuah referensi yang sangat bagus untuk mendapatkan jaringan 4G LTE. Jaringannya 4G nya terluas dan stabil. Mau tau? Silahkan cek sendiri DISINI ya, biar sedikit rahasia gituh ^_^

@ARSTORY

#Go4GReady
#YukJadiPengusaha

Terima kasih sudah membaca artikel "How to Get the Money from Your Blog, Siapa Yang Enggak Mau?". Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya :). Baca juga artikel terkait "How to Get the Money from Your Blog, Siapa Yang Enggak Mau?".

Maaf ya, Menghindari modus spam dan sejenisnya, komen saya moderasi. Terimakasih ^_^

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*