Ini Cara Ku Memilih Jaket Gunung Yang Baik dan Benar

Jaket gunung atau jaket outdoor merupakan salah satu perlengkapan wajib yang harus kita bawa dalam kegiatan outdoor. Jaket gunung penting karena dapat membantu kita meminimalisir udara dingin ketika berada di puncak gunung. Hal ini juga akan membuat resiko Hipotermia di gunung akan berkurang. Karena itu, kita harus mengetahui bagaimana sih, cara memilih jaket gunung yang baik dan benar?

Untuk sekarang ini, banyak variasi untuk memilih jaket gunung. Kita tetap bisa memakai jaket yang safety tapi tetap gaya. Tapi, tetap diutamakan safety-nya ya. Karena di alam bebas kita lebih dekat dengan bahaya, baik secara teknis atau non-teknis.

 

Cara Memilih Jaket Gunung ::

Lihat Budget Keuangan

Jaket gunung merupakan salah satu alat persiapan pendakian gunung yang harus kita perhatikan. Kita harus tahu, semua perlengkapan safety itu tidak murah. Nah, kita perlu melihat kemampuan kita membeli suatu barang. Takarannya sih uang, kalau kalian memiliki uang yang banyak, kalian bisa memiliki jaket gunung dengan brand merk dan kualitas, Oke! Tapi, kalau kalian memiliki budget pas-pasan, jangan khawatir kalian bisa tetap memiliki jaket gunung yang tetap safety.

Hal ini penting, karena kita tidak hanya akan membeli jaket gunung, kita perlu membeli sepatu, tas carrier, dan perlengkapan pendakian gunung lainnya. Untuk yang uangnya banyak, tentu tidak masalah. Kalau yang seperti saya ini, harus pintar-pintar agar peralatan bisa terlengkapi. 🙂

memilih-jaket-gunung

Tentukan Ukuran, Model dan Bahan

Ukuran, tentu kita harus memilih ukuran yang pas di badan. Tidak terlalu sempit dan juga tidak terlalu longgar. Dan yang harus diperhatikan juga adalah kenyamanan kita dalam bergerak, jaket gunung yang baik harus bisa menutupi bagian atas tubuh, celah pada lengan dan leher pun sebaiknya menutup sempurna agar udara dingin tidak masuk.

Model, carilah model dengan bagian leher yang panjang hingga mampu menutupi leher bagian atas. Lebih bagus lagi, yang memiliki penutup kepala. Selain untuk melindungi leher dan kepala, hal ini juga dapat melindungi bagian atas tubuh dari udara dingin.

Bahan, ada 2 bahan yang biasa digunakan untuk jaket gunung. Wind-breaker dan water-proof. Bahan dengan water-proof kebanyakan lebih dicari karena lebih tahan terhadap air. Selain itu, carilah jaket yang bagian dalamnya dilapisi oleh bahan polar, karena ini lebih bisa menahan udara dingin.

Pilihan Warna (Terang atau Gelap)

 

Yaps, warna. Tentu bagi yang sudah biasa mendaki gunung, kita tentu melihat warna-warni jaket para pendaki. Merah, kuning, kelabu, hijau muda, dan biru, haha, itusih lagu ya. Kebanyakan pendaki memilih warna-warna terang, kenapa? Selain bisa untuk ‘gaya’ hal ini juga dimaksudkan agar dapat mudah diidentifikasi. Warna terang juga lebih memantulkan cahaya dari pada warna gelap yang menyerap cahaya. So, gelap atau terang, itu hanya pilihan. Tapi, kalau masalah safety yang terang lebih menunjang, kenapa tidak?

Sesuaikan Dengan Trek dan Waktu Penggunaan

Nah, kalau gunung-gunung di Indonesia yang rata-rata tingginya hanya 3000 mdpl-an, tentu jangan samakan dengan jaket yang harus digunakan untuk mendaki gunung sekelas Everest yang digambarkan dalam film Everest. Sebaiknya gunakan atau pilih jaket yang berbahan polar, dan penggunaanya juga saat ingin tidur. Kalau jaket kita gunakan saat proses mendaki, keringat akan akan keluar secara berlebih dan akan membuat tubuh kita cepat lelah.

Lain halnya kalau saat summit attack di gunung Semeru dan Rinjani yang dilakukan pada saat dini hari. Jaket perlu digunakan karena untuk menjaga suhu tubuh.

Detail Jaket

Selain hal-hal diatas, kita bisa lebih mengecek pada detail jaket, yaitu kantung dan resleting. Jaket dengan terlalu banyak kantung membuat kurang efektif, selain banyaknya celah untuk udara dingin masuk, fungsinya pun di pertanyakan. Kantung yang berada pada samping perut bagian bawah, selain bisa untuk menyimpan barang, bisa kita fungsikan untuk menghangatkan telapak tangan.

Resleting yang baik memiliki lapisan tahan air, atau paling tidak ada ada lapisan tambahan untuk menutupi bagian resleting ini.

Pilihan Brand atau Merk

Kembali ke poin awal. Semakin terkenal dan ternamanya suatu merk, biasanya semakin mahal karena kualitasnya sudah banyak diakui dan digunakan oleh banyak orang. Seperti merk-merk terkenal dari luar negeri Jack Wolfskin, Heads dan sebagainya. Merk-merk lokal yang sudah cukup ternama pun ada, seperti Eiger, Consina, Avteech dan sebagainya.

Poin-poin diatas dimaksudkan untuk menjadi pertimbangan ketika kita hendak membeli jaket gunung. Yang paling diutamakan adalah fungsi dan safety. Seperti dilihat pada gambar saya di atas, Jaket yang sering saya gunakan pun sebenarnya tidak saya beli di toko outdoor, saya membelinya di toko distro. Tapi, karena beberapa poin diatas, fungsi, kenyamanan dan tentunya harga yang sesuai, saya membelinya. Dengan bahan water-proof, lapisan dalam yang hangat, nyaman dipakai, kenapa tidak?

Sekian artikel saya tentang cara memilih jaket gunung. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang hendak membeli jaket gunung. Tetap jaga selalu safety dan lestarikan alam. 🙂 – Arstory.net

Terima kasih sudah membaca artikel "Ini Cara Ku Memilih Jaket Gunung Yang Baik dan Benar". Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya :). Baca juga artikel terkait "Ini Cara Ku Memilih Jaket Gunung Yang Baik dan Benar".

Maaf ya, Menghindari modus spam dan sejenisnya, komen saya moderasi. Terimakasih ^_^

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*