Sony Xperia M4 Aqua, Teman Baru Main di Alam

Review Sony Xperia M4 Aqua

Review Sony Xperia M4 Aqua

Sony Xperia M4 Aqua, Teman Baru Main di Alam – Smartphone bisa jadi barang wajib yang dimiliki oleh para traveler. Sudah cukup saya merasakan kalau lagi jalan-jalan tapi enggak punya smartphone yang support. Alhasil, kalau jalan-jalan cuma bisa nebeng “Pinjem dong buat foto” atau “Fotoin gue dong”.

Kasihan banget…!

Enggak cuma sampai disitu, selesai dari jalan-jalan saya harus minta foto-foto saya ke teman-teman yang smartphonenya saya pakai untuk nebeng foto. Fakir kamera. Alhamdulillah, dengan sedikit jerih payah dan menabung, saya bisa membeli smartphone baru yang cukup sesuai dengan kebutuhan saya yang senang main-main ke alam. Sony Xperia M4 Aqua.

Sony Xperia M4 Aqua

Sony Xperia M4 Aqua

Memilih gawai (gadget) memang selera masing-masing sih, ya. Bagus atau enggaknya itu relatif kaya milih jodoh. Kenapa saya memilih Sony Xperia M4 Aqua (selanjutnya cuma disebut M4 Aqua) dan enggak mau memilih brand-brand smartphone ternama lainnya? Ada beberapa alasan; 1. Budget, 2. Fitur dan Spesifikasi yang cocok.

Spesifikasi Sony Xperia M4 Aqua

Kalian bisa langsung lihat sendiri spesifikasi lengkap dari M4 Aqua ini disini. Yang paling saya suka dari M4 Aqua ini adalah fitur kedap air dan debu yang dimilikinya. Cocok banget kalau dipakai main ke gunung dan curug (air terjun). Kalau orang lain kehujanan di gunung atau mau basah-basahan di curug atau bisa juga lagi touring naik motor terus kehujanan, kebanyakan pasti nyumputin smartphonenya ke tempat yang sekiranya enggak akan kena basah.

Spesifikasi Sony Xperia M4 Aqua
Tes main di Air

Kalau saya sih, anteng-anteng aja. Enggak usah khawatir, ini anti air coy (bangga). Pernah beberapa kali lagi naik motor berboncengan terus kehujanan, “Hp lu enggak disimpen, entar basah?!” dengan santainya saya jawab “Hp gue kan anti air” Hehehe.

Untuk masalah daya tahan baterai, M4 Aqua lumayan tangguh juga. Apalagi ada menu Power management di dalam setting, ada beberapa pilihan yaitu Stamina mode, Ultra Stamina Mode dan Low-battery Mode. Kalau saya lagi main ke gunung seperti gunung merbabu beberapa waktu lalu atau ke tempat yang memang enggak memungkinkan ada sinyal dan sulit mendapatkan suntikan daya, saya akan aktifkan Ultra Stamina Mode. Mode ini membuat M4 Aqua hanya mengaktifkan fungsi dasar sebuah Hp, seperti : telepon, sms, kamera dan beberapa fungsi dasar lainnya. Bisa dilihat di bawah ini estimasi daya tahan energi baterainya ketika dalam Ultra stamina mode.

Daya tahan sony Xperia m4 aqua

Oiya, untuk masalah kamera M4 Aqua juga sudah cukup lumayan indah dan bagus buat dipakai foto-foto. Untuk kamera belakang 13 Mp (auto focus) dan kamera depan 5 Mp, kalau untuk pengambilan vidio di kamera belakang full HD (1080 fp) dan kamera depannya 720p. Lumayan kan? Hayoo, awas jadi kepingin. Sama seperti komputer, RAM juga berpengaruh buat akselerasi smartphone, dibekali RAM 2GB menurut saya M4 Aqua ini sudah cukup membuat saya puas menggunakannya tanpa khawatir akan lelet atau lemot.

Kamera Sony xperia m4 aqua
Tes kamera belakang
Fitur sony xperia m4 aqua
Tes kamera depan

Kekurangan Sony Xperia M4 Aqua

Jujur aja, karena memang saya sendiri yang ingin menulis review ini. Saya juga harus menyampaikan kekurangan M4 Aqua ini dari sudut pandangan saya sendiri sebagai pengguna.

  1. Kecilnya memori internal : Memori internalnya sebenarnya 8Gb, tapi karena sudah dipakai untuk sistem android dan aplikasi-aplikasi bawaan lainnya jadi hanya tersisa 4Gb. Memang sih, bisa didukung oleh memori eksternal yang bisa mencapai 200Gb. Tapi, tidak semua aplikasi yang saya butuh dan perlu bisa dipindahkan ke dalam memori eksternal. Karena keterbatasan ini saya harus pintar-pintar menginstal aplikasi menurut skala prioritas yang saya butuhkan. Terkadang, saya lebih sering install aplikasi ketika butuh, setelah itu saya hapus lagi.
  2. Pengisian daya baterai yang lama : Charger bawaan M4 Aqua ini hanya 0,5 A (ampere). Saya sudah ganti dengan yang 1 A, masih saja cukup lama untuk mengisi dayanya. Kalau lagi traveling enggak mungkin kan kita cuma menghabiskan waktu untuk mengisi daya baterai.

Yaa itu aja sih yang bisa saya tuliskan tentang Sony Xperia M4 Aqua. Mungkin ada yang sama menggunakan M4 Aqua bisa berbagi pengalaman di kolom komentar atau sharing soal gawai andalan kalian ketika traveling.

Terima kasih sudah membaca artikel "Sony Xperia M4 Aqua, Teman Baru Main di Alam". Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya :). Baca juga artikel terkait "Sony Xperia M4 Aqua, Teman Baru Main di Alam".

Maaf ya, Menghindari modus spam dan sejenisnya, komen saya moderasi. Terimakasih ^_^

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*