Pendaki Galau Yang Suka Donor Darah

donor darah

Donor darah? Siapa sih yang gak tau tentang kegiatan ini. Banyak manfaat dari kegiatan donor darah ini. Saya pun merasakannya. Pengertian donor darah adalah kegiatan yang dilakukan secara sukarela dari pendonor yang maksud dan tujuannya untuk transfusi darah kepada orang-orang yang membutuhkan. Salah satu kegiatan PMI (Palang Merah Indonesia) yang cukup populer ini memang sering kita jumpai. Tapi, masih banyak orang takut dengan jarumnya. Wajarlah, apalagi kalau lihat diameter jarumnya.

donor darah

 

Saya baru saja melihat akan diadakan sebuah kegiatan donor darah ditempat kerja saya, memang kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan. Tapi saya tidak bisa ikut, karena baru bulan kemarin saya melakukan donor darah. Alhamdulillah dalam 2 tahun belakangan ini saya rutin melakukan donor darah, baru 8 kali kalau tidak salah. Saya ingat betul, kapan pertama kali saya melakukan donor darah. Waktu itu di Lampung, saat saya masih berkerja di dalam sebuah mall. Untuk memperingati ulang tahun berdirinya mall itu, diadakanlah kegiatan donor darah. Dan, disitulah saya memulai kegiatan ini.

Donor darah juga ada syaratnya. Selain itu donor darah adalah kegiatan sosial yang dapat membantu menyelamatkan nyawa seseorang. Manfaatnya tidak hanya bagi si penerima darah tapi dapat dirasakan juga kepada si pemberi darah. Kalau kalian sehat, gak ada riwayat penyakit dan memenuhi syarat terus melihat ada kegiatan donor darah, segera daftar. Jangan takut sama jarum, kalian gak akan jadi jelek dengan hanya mendonorkan darah, hehe.

Syarat menjadi pendonor darah :

Usia 17 – 65 tahun
Berat badan minimal 45 kg
Tekanan darah : 100 – 170 (sistole), 70 – 100 (diastole)
Kadar Hemoglobin 12,5g% – 17,0g%
Jarak donor darah dari yang sebelumnya minimal 12 minggu atau 3 bulan 1 kali.

Syarat-syarat diatas harus dibarengi dengan kesadaran diri kita, kalau sekiranya kita memiliki penyakit menular melalui darah, ketergantungan obat dan memiliki penyakit jantung dan paru-paru. Kalau memiliki riwayat penyakit tersebut, lebih baik jangan demi keselamatan diri dan orang lain.
Motivasi awal saya melakukan donor darah adalah untuk membantu sesama. Dulu saya sempat berbicara kepada diri saya sendiri ketika mendonor darah “Kalau belum bisa membantu banyak dengan harta, kita bantu dengan darah saja ya.” Setiap orang tentu memiliki motivasi tersendiri untuk melakukan kegiatan sosial ini (Donor Darah).

Beberapa manfaat donor darah?

Check up dan analisa darah gratis

Sebelum melakukan donor darah, tentunya kita akan dicek terlebih dahulu, dari tekanan darah, frekuensi nadi, berat badan, dan kadar hemoglobin. Ini sangat menguntungkan, kita bisa mengetahui keadaan kita saat itu. Selain itu, ketika sudah donor darah. Darah kita tidak serta merta langsung digunakan, ada sebagian darah yang diambil untuk di sampel dalam pengujian lab. Jika di dalam darah kita terdapat virus maka kita akan mengetahuinya secara dini, karena kita pasti akan diberi tahu bahwa darah kita tidak layak. Jadi, bisa antisipasi diri atau penanganan lebih cepat sebelum terlambat.

Membakar kalori

Setiap kali kita mendonor darah, sebanyak 500 kalori dalam tubuh kita akan berkurang. Nah, tentu ini akan berdampak kepada penurunan berat badan, dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Menyehatkan jantung

Kalau kita donor darah secara rutin, jantung kita pun akan sehat. Karena 88% pendonor darah memiliki resiko lebih rendah terkena serangan jantung dan 33% memiliki resiko lebih rendah terhadap penyakit kardiovaskular lainnya. Hal ini disebabkan karena penurunan level zat besi (iron) dalam darah manusia. Setiap kali kita donor darah, terbukti level zat besi dalam tubuh menurun.

Pembaruan sel darah secara rutin

Karena kegiatan donor darah itu mengambil sel darah. Tentu tubuh akan bereaksi untuk mengganti volume darah yang berkurang, setidaknya dalam 48 jam setelah donor darah. Serta sel darah merah yang berukang akan benar-benar tergantikan setidaknya 4-8 minggu setelah donor darah. Nah, dalam proses pembentukan sel darah merah ini, tubuh akan tetap sehat. Karena sel darah baru telah membantu setiap fungsi organ.

Semoga artikel ini dapat memotivasi teman-teman untuk mendonorkan darahnya. Jangan sampai, ada kabar kalau pasien tidak terselamatkan karena ketersediaan kantung darah tidak ada. Menyedihkan :(.
Ayo donor darah! Banyak manfaat ke sesama.

Do you feel you don’t have much to offer? You have the most precious resource of all: the ability to save a life by donating blood! Help share this invaluable gift with someone in need.

Arstory.net

Terima kasih sudah membaca artikel "Pendaki Galau Yang Suka Donor Darah". Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa di share ya :). Baca juga artikel terkait "Pendaki Galau Yang Suka Donor Darah".

Maaf ya, Menghindari modus spam dan sejenisnya, komen saya moderasi. Terimakasih ^_^

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*